Home » » Condensate ( Gas )

Condensate ( Gas )

Written By Unknown on Selasa, 15 November 2016 | 15.58

Fraksi minyak bumi yang terbentuk pertama kali ada gas. Gas dari destilasi minyak bumi merupakan bahan baku dari Liquid Petroleum Gas (LPG) yang biasa kita gunakan untuk kompor gas. Fraksi gas sendiri merupakan hidrokarbon berantai pendek antara C1 – C5. Karena jumlah ikatan rantai karbonnya yang pendek, titik didih dari fraksi gas menjadi sangat kecil, yakni antara -164ºC -  30 ºC.


 
Ilustrasi Boiling Point / Titik Didih Gas

Secara umum, LPG merupakan salah satu produk hasil penyulingan minyak mentah berupa gas cair. Unsur utamanya berupa hidrokarbon ringan, seperti propana (C3H8), butana (C4H10), serta terdapat juga sejumlah kecil etana (C2H6) dan pentana (C5H12). Dari segi penggunaannya, LPG umumnya dimanfaatkan sebagai bahan bakar industri dan rumah tangga. Bahkan, saat ini sudah ada kendaraan bermotor yang telah menggunakan gas terutama LPG sebagai bahan bakarnya.

Struktur Senyawa Hidrokarbon Pentana



Namun perlu juga diketahui bahwa, sebelum LPG dipasarkan telah terlebih dulu ditambahkan zat pembau (penambah bau) yaitu senyawa merkaptan (ethyl mercaptan). Tujuan penambahan senyawa merkaptan tadi adalah untuk mempermudah konsumen menyadari apabila terjadi kebocoran gas. Jadi, bila tidak ditambahkan zat tersebut maka tentu akan sangat beresiko menimbulkan bahaya, karena seperti yang kita ketahui bahwa sifat dari gas ini bila terlepas ke udara akan mudah menyebar dan tentunya mudah terbakar.

Ilustrasi Gas

Selain digunakan sebagai bahan bakar kendaraan, LPG juga  banyak digunakan sebagai bahan baku maupun sebagai bahan campuran di pabrik-pabrik petrokimia, dan tentunya menghasilkan beberapa jenis produk. Adapun beberapa produk petrokimia yang dimaksud, seperti biji plastik, produk kosmetik, dan pupuk.

Alat Uji Laboratory Gas

2.      Paticulate Size > 10 µm
3.      Relative Density
4.      Nilai Kalor
5.      Indeks Wobbe
6.   ODOR


Share this article :

0 komentar :

Posting Komentar

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Oil And Gas Laboratory - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger